Cara Mengecek dan Memperbaiki Broken Link Pada Blog WordPress Dengan Mudah

  • Bagikan
Cara Mengecek dan Memperbaiki Broken Link Pada Blog WordPress Dengan Mudah

Apasih.my.id – Salah satu cara meningkatkan visitor pada blog WordPress adalah dengan mengoptimalkan terlebih dahulu sebuah blog tersebut. Tentunya dalam proses mengoptimalkan tak hanya kualitas konten dan kecepatan saja yang berpengaruh, akan tetapi masalah broken link pun menjadi prioritas dalam dunia SEO.

Jika kalian tidak mengetahui apa itu broken link, di artikel ini mimin akan memberitahu kalian tentang apa itu broken link dan bagaimana cara mengecek broken link tersebut. Untuk itu mari kita bahas satu persatu dibawah ini.

Apa itu Broken Link?

Menurut beberapa sumber yang mimin baca, Broken link adalah sebuah link yang tidak bisa dibuka atau biasanya link ini tidak ada yang mengarah ke halaman blog sendiri maupun ke arah keluar blog tersebut. Jadi maksud dari broken link adalah sebuah link yang error yang biasanya ditandai dengan halaman not found 404

Apa Penyebab Broken Link?

Penyebab dari Broken Link sendiri atau halaman not found 404 ini biasanya adalah adanya penulisan URL atau alamat link yang keliru atau salah sehingga link tersebut terdeteksi ERROR. Selain itu penyebab halaman not found 404 ini adalah URL yang dituju tersebut sudah dihapus sehingga tidak bisa dibuka kembali.

Oleh karena itu lah kalian harus selalu mengecek blog WordPres kamu agar tidak adanya broken link tersebut, apabila masih tetap ada maka akan berpengaruh juga pada blog WordPress kamu sehingga reputasi blog kamu akan dipandang buruk oleh mesin pencari google.

Tak hanya buruk di pandangan mesin pencari google saja, pengunjung blog kamu juga akan merasa kesal karena banyaknya halaman yang mereka ingin baca tetapi tidak bisa dibuka. Sehingga efeknya pengunjung blog kamu akan ingin cepat keluar dari halaman blog anda dan mereka akan merasa bahwa pemilik blog ini adalah seseorang yang tidak konsisten dan tidak profesional dalam mengoptimalkan blognya sendiri.

Baca juga: Cara Meningkatkan Visitor Organik Gratis

Nah, saat ini kamu telah tepat membaca artikel ini karena mimin akan memberikan tutorial cara mengecek broken link tersebut dengan sangat mudah. Selanjutnya kamu tinggal eksekusi untuk memperbaiki broken link tersebut.

Cara Mengecek Broken link Pada Blog WordPress dengan Mudah

Dalam mengecek broken link pada blog WordPress tentunya banyak sekali beberapa situs atau tools online yang menyediakan fitur ini. Akan tetapi kali ini mimin akan merekomendasikan untuk kamu yang ingin mengecek broken link tersebut dengan menggunakan tools online dari brokenlinkcheck.com, dan untuk cara menggunakannya kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini. 

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka terlebih dahulu situs www.brokenlinkcheck.com.

2. Setelah kamu masuk ke dalam situs tersebut, saatnya kamu mengisi nama situs blog WordPress kamu ke dalam kolom yang akan dilakukan cek broken linknya.

brokenlink3

3. Jika kamu telah mengisi kolom tersebut, maka klik Find Broken Link yang terletak di bawah kolom link dan berwarna orange.

4. Selanjutnya tampilan halaman berpindah seperti pada gambar dibawah ini.

brokenlink2

Keterangan :

  • Isilah Security code sama persis dengan bacaan yang disebelahnya
  • Pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower)

5. Lalu klik Find Broken Links Now. Maka secara otomatis tools online ini akan mengecek blog WordPress kam apakah memiliki broken link atau tidak.

brokenlink1
No broken link
brokenlink4
1 broken link

Keterangan :

  • Jika dalam blog WordPress kamu tidak terdeteksi adanya broken link, maka status nya akan seperti pada tampilan gambar no broken link.
  • Akan tetapi kalau tidak, maka situs ini akan memberitahu anda link link mana saja yang ERROR seperti tampilan gambar 1 broken link. Sehingga mempermudah kamu untuk menghapus secara permanen link atau mengganti yang mengalami ERROR tersebut dengan mencari pada postingan post.

Kesimpulan

Itulah cara mengecek broken link pada sebuah situs Web WordPress. Bagaimana cukup mudah bukan? Jika kamu ingin mendapatkan pengunjung yang banyak, tentunya kamu wajib terlebih dahulu mengoptimalkan blog WordPress kamu sehingga pengunjung akan betah dan bisa mendapatkan informasi yang mereka dapatkan.

Semoga dengan tutorial cara mengecek broken link pada blog WordPress ini dapat membantu mengoptimalkan blog kamu, apabila ada pertanyaan lain tentang masalah broken link tersebut kamu bisa menulisnya pada kolom komentar dibawah ini.

  • Bagikan