Cara Setting Permalink WordPress Seo Friendly

Cara Setting Permalink WordPress Seo Friendly

Diposting pada

Kamu seorang Blogger? atau sering browsing-browsing di internet? Kalo iya berarti kamu tentunya sudah tidak asing lagi ya mendengar istilah permalink. Permalink sendiri merupakan sebuah istilah untuk permanent link atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai tautan permanen.

Dalam teknisnya Permalink dan URL tentunya tidak bisa dipisahkan, karena permalink biasanya ada dibelakang sebuah URL. Mimin ambil contoh misalnya seperti ini:

  • URL Permalink : https://www.apasih.my.id/cara-setting-permalink-wordpress-seo-friendly/
  • URL : https://www.apasih.my.id
  • Permalink : cara-setting-permalink-wordpress-seo-friendly/

Sudah paham kan tentang apa itu permalink? Klo sudah mari kita lanjut ke pokok pembahasannya secara langsung. Nah didalam WordPress sendiri menyajikan 5 kemampuan untuk membuat struktur URL kustom untuk permalink dan arsip, beberapa struktur URL kustom tentunya akan menambah SEO, kemudahan penggunaan, kompatibilitas ke depannya untuk seluruh tautan. Dan juga terdapat sejumlah tag, dan ini beberapa contoh yang dapat dipilih, diantaranya :

  1. Biasa : https://www.apasih.my.id/?p=123
  2. Tanggal dan nama : https://www.apasih.my.id/2021/06/12/contoh-tulisan/
  3. Bulan dan nama : https://www.apasih.my.id/2021/06/contoh-tulisan/
  4. Numerik : https://www.apasih.my.id/arsip/123
  5. Nama tulisan : https://www.apasih.my.id/contoh-tulisan/

Pemilihan jenis permalink merupakan salah satu hal terpenting dalam kaidah SEO agar sebuah artikel dapat dikategorikan sebagai SEO Friendly. Biasanya pakar SEO merekomendasikan untuk menggunakan permalink jenis yang singkat atau kamu bisa menggunakan Nama tulisan.

Cara Setting Permalink di WordPress

Cara setting permalink ini hanya berlaku bagi kalian yang menggunakan CMS WordPress baik gratis atau berbayar. Silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

1. Login ke Akun WordPress

Login WP

Hal pertama sebelum melakukan setting permalink tentunya kamu wajib login terlebih dahulu ke akun WordPress kamu ya.

2. Memilih menu Pengaturan – Permalink

Setting Permalink

Setelah login, pada dashboard wordpress silahkan kamu scroll ke bawah dan pilih menu Pengaturan – Permalink. Pada menu pengaturan permalink terdapat beberapa opsi yang dapat kamu pilih.

Opsi Permalink

Silahkan kamu memilih Nama tulisan atau custom %postname%. Selanjutnya scroll ke bawah dan klik “Simpan Perubahan” untuk menyimpan pengaturan.

Selesai! Selanjutnya kamu bisa mengakses url blog kalian dan cek satu persatu artikelnya pasti sudah berubah permalinknya.

Catatan: Dalam pengaturan tersebut kamu juga bisa menambahkan beberapa kategori atau tag sebelum permalink. Tentunya itu semua kembali lagi kepada kamu sendiri, ingin memodifikasinya atau ingin permalink WordPress tersebut menjadi Seo Friendly.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *