5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog, Salah Satunya Membangun Backlink

  • Bagikan
cara meningkatkan pengunjung blog

Apasih.my.id – Cara meningkatkan pengunjung blog merupakan salah satu tujuan yang paling dicari oleh para blogger pemula, tentunya tidak ingin donk! jika kamu memiliki blog yang sepi pengunjungnya. Karena minimnya pengunjung pada sebuah blog akan berpengaruh pada klik iklan yang sedikit dan tidak adanya penjualan produk yang kamu tawarkan pada blog tersebut. 

Selain itu dengan banyaknya pengunjung blog pada situs kamu, ini akan memberikan semangat yang lebih banyak untuk kamu agar bisa menulis postingan artikel yang lebih bermanfaat. Gak cuma semangat saja sih, kamu juga akan berpotensial untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari banyak nya pengunjung blog pada situs kamu tersebut.

Tapi jangan tergiur masalah uang dulu yang guys! asal kamu tahu aja membuat blog dengan banyak pengunjung itu bukanlah suatu yang mudah, tentunya kamu harus banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan keyword, SEO dan lain lain. Jika kamu memang ingin niat menggeluti dunia blogger, kamu juga harus siap dalam proses yang panjang dan banyak berdoa agar dapat blog kamu semakin banyak pengunjungnya.

Setelah memiliki niat yang kuat, mimin pastikan kamu akan bisa melewati banyaknya rintangan yang menghadang pada dunia blogger ini. Selalu ingat!! Syarat agar menjadi blogger yang sukses adalah konsisten terhadap pekerjaan kamu.

Nah pada kali ini, mimin akan memberikan cara atau bisa dibilang tips untuk meningkatkan pengunjung blog kamu. Cara ini terbukti cukup ampuh loh untuk mendatangkan banyak pengunjung blog. Mau tahu ? yuk langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

1. Melakukan Promosi atau Share Ke Media Sosial

Hal pertama yang paling efektif untuk meningkatkan pengunjung blog adalah menggunakan promosi atau share ke media sosial. Kenapa media sosial? Karena media sosial adalah sebuah sarana media yang sekarang banyak sekali digunakan oleh anak-anak jaman now. Oleh karena itu lah cara ini tentunya sangat pas sekali bagi kamu yang ingin melakukan promosi blog atau produknya agar bisa dilihat oleh banyak orang.

Tentunya kamupun sudah tahu donk, banyak sekali media sosial yang bisa anda gunakan seperti Instagram, facebook, whatsapp, email dan lain lain. Yang paling penting saat melakukan promosi blog, jangan lah mempromosikan blog nya tetapi promosikan dengan melakukan share url artikel yang menarik sehingga dapat menarik pembaca untuk membuka artikel tersebut.

Gak hanya itu saja, kamu juga bisa bergabung di grup-grup komunitas yang ada pada facebook. Cara seperti ini juga cukup ampuh loh. Akan tetapi ingat ya, kamu juga harus mempromosikan artikel dimana artikel tersebut sesuai dengan grup komunitas yang ingin kamu sebarkan. Contohnya: kamu ingin melakukan promosi atau share artikel tentang bahasa resep memasak, maka target group komunitas yang bisa kamu promosikan adalah grup resep memasak.

Apabila target kamu adalah luar negeri, kamu juga bisa mendaftar media sosial menggunakan Pinterest, disitu kamu bisa menyimpan feed url kamu sehingga ketika kamu melakukan update postingan maka otomatis artikel kamu ter share langsung di Pinterest. Dan jika artikel kamu berkualitas maka pengunjung blog pun akan meningkat dan kamu akan menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah dari banyaknya pengunjung tersebut.

2. Membuat Artikel Berkualitas, Unik dan Menarik

Cara kedua untuk meningkatkan pengunjung blog adalah membuat artikel yang berkualitas, unik dan menarik. Standar dari berkualitas disini adalah membuat artikel yang membuat pembaca nyaman, tentunya mudah dipahami mulai dari kata-kata atau tulisan pada artikel yang kamu buat.

Sedangkan unik dan menarik disini adalah membuat artikel yang bisa membuat pengunjung blog kamu penasaran terhadap kata-kata pada artikel tersebut, sehingga mereka akan selalu nyaman dan stay untuk membaca lebih banyak artikel yang kamu miliki.

Hal terakhir yang perlu kamu garis bawahi disini dalam meningkatkan pengunjung blog adalah ketika membuat artikel usahakanlah agar mempunyai lebih dari 600 kata. Kenapa harus 600 kata? Karena selain dapat lebih kompleks dengan membuat artikel lebih dari 600 kata tersebut akan membuat postingan artikel kamu menjadi SEO friendly dimata pencarian google.

3. Melakukan Optimasi SEO

Cara yang ketiga ini adalah mengoptimasi SEO pada blog kamu. Jika kamu mengoptimasi SEO, maka kemungkinan besar blog kamu juga akan ditempatkan pada page one google.

Contohnya saja, jika kamu mempunyai artikel yang berada pada page one di mesin pencari google, kedepannya kamu akan tidak susah lagi mendapatkan visitor dan ini akan memberikan dampak baik pada pengunjung blog kamu sehingga setiap harinya selalu saja orang yang mengunjungi blog kamu.

Tips Optimasi SEO blog yang bisa kamu lakukan yaitu:

  • Optimalkan keyword yang banyak dicari orang
  • Percepat blog kamu, kalau bisa menggunakan AMP
  • Daftar ke Google Search Console, Google News (Publisher), bing atau mesin pencari lainnya agar cepat terindeks.

4. Membangun Backlink

Cara selanjutnya adalah membangun backlink. Kenapa membangun backlink? Karena jika kamu membangun blog mulai dari nol tentunya selain ketiga cara diatas itu mimin rasa masih kurang. Persaingan yang ketat dan umur domain (DA/PA) pun sangat berpengaruh dalam hal meningkatkan pengunjung blog. 

Untuk mendapatkan backlink ini kamu bisa dapatkan dari orang-orang yang memberikan free guest post pada blog mereka. Sehingga mereka yang menyediakan free guest post tersebut akan memberikan backlink pada website kamu. Cara ini juga terbukti sangat ampuh untuk meningkatkan pengunjung blog yang banyak. Akan tetapi ada satu hal yang kamu harus ingat!, jika ingin melakukan guest post pada blog orang lain maka disarankan agar terlebih dahulu melihat kualitas dari blog tersebut, lebih baik lagi kalau blog tersebut merupakan satu niche dengan blog kamu.

Atau untuk membangun backlink yang bagus alias PBN (Private Blog Network), kamu juga bisa membelinya di dewabiz selain harganya murah, kualitas backlink pun dapat terbukti dan cepat terindeks. Klik dibawah ini untuk mendapatkan diskonnya: hostingcepat

5. Memasang Iklan atau Banner

Selain memasang iklan pada google ads, kamu juga bisa memasang iklan atau banner blog kamu pada situs-situs yang sudah besar. Karena biasanya situs yang sudah besar mereka akan memiliki pengunjung yang sudah banyak setiap harinya. Dan ini memberikan keuntungan bagi mereka untuk menyisipkan template pada website mereka agar orang lain bisa memasang banner link aktif di situs mereka.

Tetapi perlu kamu ketahui untuk memasang iklan atau banner pada situs yang sudah besar bukan lah gratis, cara terakhir ini juga kamu harus mengeluarkan modal agar mereka bisa menampilkan iklan atau banner blog pada website mereka. Yah, kalau kamu memang benar ingin serius menggeluti dunia blogger tentunya kamu tidak mikir panjang untuk meningkatkan kualitas blog kamu dengan cara ini.

Kesimpulan

Mungkin itu saja beberapa cara dan tips untuk meningkatkan pengunjung pada blog kamu. Selebihnya tinggal kamu saja yang harus melakukan action, intinya apabila modal kamu dirasa kurang kamu bisa mengesampingkan cara ke-4 dan ke-5 tersebut, tapi jika dirasa modal cukup, gas langsung saja semua cara tersebut.

Semoga dengan membaca artikel ini blog kamu bisa mendapatkan banyak pengunjung. Tetapi jika kamu belum bisa mendapatkan banyak pengunjung dengan cara diatas, maka selalulah berusaha lebih giat dan sabar lagi ya! dan yang paling penting adalah selalu konsisten untuk memposting artikel, mimin jamin blog kamu akan memiliki visitor yang banyak pada kemudian harinya.

  • Bagikan