Cara Memilih Backlink Berkualitas Untuk Pemula

  • Bagikan
Cara Memilih Backlink Berkualitas Untuk Pemula

Apasih.my.id – Backlink merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam dunia SEO terutama dalam membangun sebuah website, untuk itu dalam memilih backlink tentunya kamu harus mempelajari terlebih dahulu apasiih itu backlink dan bagaimana mendapatkannya..

Untuk mendapat backlink ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari membuat konten atau artikel yang menarik sehingga banyak orang tertarik dan mereferensikan website kamu. Namun hal ini rasanya cukup sulit untuk dilakukan oleh pemula. Tetapi ada beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan, seperti mencari jasa backlink, tools ahrefs dan tools GSA.

Lalu apakah untuk mendapatkan backlink harus mengeluarkan uang? Jawabanya tidak. Kamu bisa saja mencari backlink gratis di mesin pencari google. Caranya cukup mudah, terutama untuk pemula yang baru belajar melakukan backlink. Untuk bisa melakukan backlink, kamu harus tahu terlebih dahulu konsep dasar backlink.

Backlink adalah suatu URL atau link yang mengarah dan menuju pada website kamu. Selain itu, backlink juga merupakan salah satu strategi untuk menambah nilai website terhadap mesin pencari. Dimana hal itu mendorong website agar menduduki posisi SERP. Yang nantinya memiliki kata kunci tersendiri atau keyword di posisi tersebut.

Cara Memilih Backlink Berkualitas

Untuk  mendapatkan keyword yang di inginkan, kamu tentunya harus memiliki strategi dalam melakukan backlink. Tapi sebelumnya kamu juga harus tau mana backlink yang berkualitas, dengan menyimak penjelasan cara memilih backlink berkualitas berikut ini:

1. Cek Authority Backlink

Cara untuk cek authority sebuah website kamu memerlukan bantuan tools dalam melihat seberapa besar nilai authority website tersebut. Tools yang biasa sering saya pergunakan adalah ahrefs dan website seo checker. Kedua tools tersebut sangat berguna untuk melihat seberapa besar authority yang ada, sehingga mempermudah untuk pemilihan backlink

2. Cek Spam Score

Untuk menemukan backlink yang berkualitas, perlu suatu penilaian khusus dimana pentingnya melihat sumber yang menjadi referensi website kamu. Hal yang sering diperhatikan adalah nilai spam score.

Hal ini sangat penting karena jika kamu memiliki sumber referensi dari website yang memiliki nilai spam score tinggi, maka website kamu akan terkena efek dari si pemberi backlink.

Pada Tahun 2012 Google telah meluncurkan algoritma Penguin, tentu hal ini sangat berkaitan dengan nilai spam score. Dimana Google akan memberikan penalti kepada website yang dicurigai atau melakukan tindakan spam.

3. Memilih Niche atau Topik Website

Tidak semua niche yang bisa dijadikan backlink untuk website kamu. Pada umumnya backlink dengan persamaan niche pada suatu website akan lebih baik, jika dibandingkan dengan yang berbeda.

Sebagai contoh, jika website tersebut memiliki niche game online maka yang paling ideal adalah membahas tentang game online. Kemudian kamu menaruh backlink tentang niche yang berbeda, tentunya pengunjung yang nantinya akan membaca atau klik salah satu link tautan backlink kamu yang isinya ternyata bukan tentang game online.

Tentu saja itu menjadi suatu permasalahan yang berdampak pada durasi lamanya pengunjung pada website kamu atau Bounce rate.

Jika hal ini terus menerus terjadi maka sudah bisa dipastikan nila reputasi web kamu di mesin pencari akan sangat buruk, meskipun kamu sudah berhasil membuat backlink di website dengan authority terbaik sekalipun.

Dari tiga penjelasan sudah bisa disimpulkan bahwa tidak semua website bisa dijadikan backlink, jadi perlu adanya pemilihan dalam proses backlink. Apabila sudah paham dengan penjelasan diatas, mari kita ke pokok utama cara melakukan backlink.

Cara Melakukan Backlink

Untuk langkah selanjutnya, cari target dimana competitor kamu bisa menaruh backlink dengan cara mencari mencarinya di google. Sebagai contoh “apasih” (lengkap dengan tanda kutip), dengan begitu kamu dapat menemukan semua URL yang mengarah pada website tersebut.

Namun sayangnya tidak semua backlink bisa kamu tiru, karena sebagian website pastinya tidak akan mengijinkan orang lain untuk mencantumkan URL secara langsung dan sembarang.

Kesimpulan

Nah, Itulah beberapa hal yang mimin apasih.my,id berikan untuk dipelajari bagaimana cara melakukan backlink dengan benar, pastikan kamu tetap melakukan pemilihan dalam menaruh backlink.

Karena 1000 backlink tidak akan berguna apabila dibandingkan dengan 1 backlink dengan authority terbaik dan juga niche yang sama.

  • Bagikan