domain my.id

Kenapa Harus domain my.id? ini Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

apasih.my.id – Berhubung saat ini mimin menggunakan domain my.id, jadi inilah mengapa mimin membuat artikel untuk membahas mengenai apasih domain my.id? kenapa harus domain my.id? serta kelebihan dan kekurangan menggunakan domain my.id.

Seputar domain my.id

Domain my.id adalah sebuah domain yang dikeluarkan dan dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). PANDI sendiri dibentuk oleh komunitas Internet Indonesia bersama pemerintah pada 29 Desember 2006 untuk menjadi registry domain .id. Namun, pada 29 Juni 2007, Departemen Komunikasi dan Informatika RI secara resmi menyerahkan pengelolaan seluruh domain internet Indonesia kepada PANDI, kecuali domain go.id dan mil.id.

Dan ternyata pertumbuhan domain my.id ini mengalami kenaikan besar per bulan Oktober 2019, Pandi mencatat bahwa angka pendaftaran Nama Domain my.id per bulan Oktober 2019 sejumlah 2491 pengguna. Angka ini meningkat 10 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata pendaftaran pada bulan-bulan sebelumnya yang hanya berjumlah 207 pendaftaran.

Kenapa harus domain my.id?

Domain my.id sendiri merupakan sebuah domain yang bisa jadi identitas kita, selain itu juga kita bisa menggunakan domain my.id sebagai bentuk untuk mengekspresikan diri dengan tulisan, blog, bisnis online atau bahkan untuk email pribadi.

Baca juga:  Cara Mudah Menginstal CyberPanel di Ubuntu 20.04

Selain itu, nama domain my.id sejatinya mudah diingat dan bisa merepresentasikan diri sebagai my identity atau my international domain.

Nah, paham donk sekilas tentang domain my.id dan kenapa harus menggunakan domain my.id? Gak sampe disitu saja ternyata menggunakan domain my.id sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya loh. Oleh karena itu mimin akan membahasnya pada artikel dibawah ini. yuk simak selengkapnya!

Kelebihan domain my.id

Sebelum kamu membeli domain tentunya kamu harus tahu donk kelebihan beberapa eksistensi dari domain tersebut, mimin sebutin nih beberapa kelebihan kenapa harus menggunakan domain my.id.

1. Akses Lebih Cepat

Karena domain my.id ini berada di Indonesia dan Domain Name Server (DNS) juga dikelola oleh PANDI. Tentunya itu jadi lebih cepat diakses, terutama jika kamu menargetkan pengunjung yang berada di Indonesia itu bisa menjadi langkah utama untuk kamu memilih domain my.id.

2. Harga Murah

Meskipun harga domain my.id terbilang receh dengan kisaran harga 10rb sampai dengan 15 ribuan, namun tidak sedikit para blogger pengguna domain my.id ini bukan dari kalangan sembarangan.

Selain itu, dalam proses pendaftarannya sendiri domain my.id tidak memerlukan verifikasi dokumen apa pun. Hal ini tentunya memberikan kelebihan dan kemudahan bagi para pengguna domain my.id.

3. Lebih Banyak Pilihan

Nah untuk kelebihan yang ketiga ini kenapa lebih banyak pilihan? dikarenakan kamu masih bisa memilih nama domain pilihan kamu sendiri, lantaran masih banyak yang belum terdaftar, beda hal nya dengan eksistensi com, net atau lainnya tentunya hampir semua nama terdaftar.

Baca juga:  Cara Setting HTTP/3 Quic Di aaPanel (Openlitespeed)

Jadi kamu bisa menggunakan domain my.id sebagai identitas kamu, toko online, atau nama-nama unik lainnya.Tentunya kamu bisa membuat personality kamu lebih bagus dan menarik. Jadi mimin rasa domain my.id nggak kalah juga sama domain lain yang harganya bisa dibilang cukup mahal.

4. Menduduki page one google

Kata siapa domain my.id ini gak bisa bersaing dengan eksistensi lainnya? Itu salah besar. Yang jelas ketika kita menggunakan domain.my.id tentunya kita juga bisa bersaing dan memiliki peluang muncul di page one google lebih mudah.

Karena domain my.id sendiri merupakan salah satu jenis yang resmi dikeluarkan oleh Pandi Indonesia. Tentunya itu juga berpengaruh dalam SEO, selain dapat diakses lebih cepat di indonesia domain my.id juga dapat meningkatkan ranking terutama diwilayah indonesia.

5. Menggunakan Adsense

Banyak yang mengira domain my.id susah untuk dapat diterima adsense. Akan tetapi kenyataannya banyak blog berdomain my.id yang telah diterima adsense dan mendapat penghasilan lumayan tiap harinya.

Jadi nama domain my.id bukan sebagai penentu diterima atau tidak oleh adsense, akan tetapi kualitas dari konten tersebut apakah bagus, copy paste atau melanggar ketentuan dari adsense sendiri.

Nah Itulah beberapa kelebihan kenapa harus menggunakan domain my.id versi mimin. Beberapa kelebihan tersebut mimin rangkum dari berbagai sumber di internet jadi tidak serta merta merupakan hasil karangan.

Baca juga:  Panduan Penggunaan Terminal pada aaPanel

Kekurangan domain My.id

Untuk kekurangannya sendiri mimin rasa sih gak ada deh. Mimin sama sekali bingung dan cari-cari apa sih kekurangan menggunakan domain my.id tapi nggak dapat. Karena ini hanya domain bahkan mimin juga sering menemukan blog atau website yang menggunakan domain my.id dapat menduduki page one di google.

Kesimpulan

Menurut mimin eksistensi dari domain my.id ini cukup bagus untuk diterapkan untuk kamu terutama jika kamu masih pemula dan ingin membuat sebuah blog, toko online atau identitas kamu sendiri.

Selain harganya cukup murah meriah, dibandingkan eksistensi lainnya tentunya kamu bisa membeli domain yang satu ini seharga 10x lipatnya. Untuk kamu yang ingin membeli domain my.id ini mimin rekomendasikan kamu membelinya di Dewabiz.

Selain harganya murah, hostingnya juga cukup bagus dibandingkan yang lain karena sudah menggunakan SSD NVME jadi lebih cepat guys. Yuk yang mau beli langsung aja klik link dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *