Tutorial Backup Website Menggunakan Google Drive di aaPanel

  • Bagikan
Google Drive di aaPanel

Apasih.my.id – Melakukan backup website adalah salah satu tindakan atau cara yang harus dilakukan bertujuan untuk mengamankan data dan informasi website agar tidak hilang. Selain bisa dengan cara manual, sekarang ini ada banyak aplikasi atau plugin yang bisa kita gunakan.

Di aaPanel ada beberapa aplikasi yang ada di App Store yang dapat kamu gunakan untuk melakukan backup website secara otomatis salah satunya aplikasi Google Drive.

Google Drive sendiri merupakan salah satu fitur berguna yang mimin paling sukai di aaPanel, karena kita bisa melakukan backup website secara otomatis ke Google Drive, ini juga menjadi alasan penting mengapa mimin rekomend banget untuk kamu menggunakan aaPanel.

Baca Juga: Cara Mudah Instal aaPanel di VPS Linux

Jadi pada artikel kali ini mimin akan memberikan tutorial bagaimana kamu dapat melakukan backup Website menggunakan Google Drive tanpa harus mengalami kesulitan sedikitpun. 

Cara backup website di aaPanel

Berikut ini adalah tutorial dan langkah-langkah backup website menggunakan Google Drive di aaPanel Control:

1. Instal Google Drive

google drive 1

Pada langkah pertama, kamu harus mengakses control aaPanel => App Store => Plugin. Yang di mana kamu harus pilih Google drive dan klik Instal untuk menginstalnya. Selain itu, di dalam App Store juga terdapat banyak aplikasi baru yang sangat berguna yang dapat kamu instal dan gunakan lebih banyak lagi.

Pada saat sistem menanyakan apakah kamu yakin untuk menginstalnya, klik Confirm.

google drive 2

Waktu penginstalan hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 menit sampai selesai.

google drive 3

2. Hubungkan Google Drive

Setelah penginstalan telah berhasil, selanjutnya pilih aplikasi Google Drive lalu display on dashboard. Dan pilih Setting untuk melakukan konfigurasi selanjutnya.

google drive 4

Pada langkah ini kamu dapat memperhatikan angka 3. kamu klik Open Link , sekarang browser akan membuka halaman baru, selanjutnya kamu tinggal mengikuti rekomendasinya sebagai berikut.

google drive 5

Pilih akun yang akan dikonfigurasi Drive. Klik Izinkan agar cadangan dapat menulis data.

google drive 6

Setelah mengklik Izinkan, kamu akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini, tidak apa-apa apabila halaman terlihat seperti error berarti itu tandanya sukses. Yang pasti kamu hanya perlu menyalin url dengan cepat seperti yang telah kamu arahkan ke panah, sebenarnya ini merupakan token atau verifikasi untuk kamu konfirmasi.

google drive 7

Setelah dicopy, selanjutnya adalah melakukan paste pada kolom nomor 5 dan klik confirm at one.

google drive 8

Verifikasi token Google Drive telah selesai kamu lakukan.

google drive 9

3. Jadwalkan Backup Otomatis

Setelah langkah ke 4 selesai, langkah terakhir adalah meletakkan file backup website kamu di Google drive. Kamu perlu pergi ke tab Cron untuk membuat jadwalnya, mimin akan membuat sebuah logika salah satu item sebagai berikut.

  • Type of task: Jenis tugas Pilih situs cadangan
  • Name of Task: Nama file dari tampilan backup
  • Period: Waktu pencadangan
  • Backup site : Situs web cadangan
  • Backup to: Cadangkan ke

Nah saatnya kamu membuat tugas (Add Task) atau menambahkan secara otomatis backup website ke Google Drive, seperti pada gambar dibawah ini.

backup 10

Berikut ini adalah hasil konfigurasi backup website yang telah kamu buat, kamu bisa melihatnya dengan menscrollnya ke bagian bawah. Jadi pada waktu yang telah ditentukan semua file yang ada diwebsite akan terbackup secara otomatis ke dalam Google Drive.

backup 11

Jadi itu dia tutorial backup Website menggunakan Google Drive di aaPanel, semoga dengan artikel ini dapat membantu mengatasi masalah backup dalam menggunakan control aaPanel. Apabila kamu mengalami masalah atau pertanyaan lain seputar aaPanel kamu bisa menulisnya dikolom komentar dibawah ini.

  • Bagikan