SSL

Apa Sih SSL, Jenis, Fungsi SLL dan 5 Penyedia SSL Gratis

Posted on

Apasih.my.id – Apasih SSL itu? Secure Sockets Layer atau yang sebagian besar dikenal orang SSL adalah sebuah protokol keamanan yang memberikan keamanan dengan membuat link terenkripsi antara browser web dan server web.

Biasanya, SSL ini memastikan bahwa aliran data antara server web dan browser bersifat pribadi dan rahasia.Informasi yang terkandung dalam sertifikat SSL meliputi: Nama domain, publik key, nama orang atau nama organisasi, tanda tangan digital, tanggal penerbitan, tanggal kedaluwarsa, dan penerbit.

Dengan adanya Segel SSL (gembok) di browser, dapat memberitahu publik bahwa situs web menggunakan SSL. Dan SSL adalah HTTPS, bukan HTTP.

Saat kamu menggunakan SSL, kamu tentunya dapat melindungi data pengguna. Pengguna kemungkinan besar tidak akan mengunjungi situs web kamu jika mereka tahu bahwa data mereka tidak aman. Apalagi jika kamu menjalankan situs eCommerce yang mungkin pengguna harus memberikan informasi rahasia seperti detail kartu kredit. Pengguna menganggap serius keamanan dan kamu juga harus melakukannya.

Ada banyak manfaat menggunakan SSL dan kamu tidak perlu membayar untuk menikmati perlindungan SSL. Pada artikel ini kamu akan menemukan 5 daftar situs penyedia sertifikat SSL gratis terbaik. Apakah kamu butuh SSL untuk menjalankan WordPress, Magento, Joomla, Drupal, atau pengaturan apa pun, ini ada solusi SSL gratis untuk kamu.

Jenis SSL

Sebelumnya kita wajib tahu dahulu nih mengenai SSL ini disini mimin akan menjelaskan sedikit tentang pengetahuan dari SSL. Pada dasarnya ada 3 jenis sertifikat SSL:

1. Sertifikat Validasi Domain (DV SSL)

DV SSL adalah sertifikat SSL paling populer. Ini yang paling mudah didapat. Itu karena Otoritas Sertifikat (CA) hanya memerlukan hak aplikasi untuk menggunakan nama domain. Tidak ada pemeriksaan informasi identitas perusahaan.

Jenis sertifikat SSL ini ideal untuk Blogger, situs web perusahaan, dan situs web bisnis kecil. Selama mereka tidak membutuhkan detail pelanggan.

Baca juga:  Cara Menyembunyikan Postingan Artikel, Agar Bisa dibuka oleh Pengguna yang Login

2. Sertifikat Divalidasi Organisasi (OV)

OV SSL adalah sertifikat yang sempurna untuk bisnis yang tidak memerlukan informasi pengguna yang sensitif tetapi mungkin memerlukan informasi tertentu yang tidak sensitif. Contohnya adalah bisnis yang menggunakan formulir untuk mendapatkan prospek tetapi tidak meminta informasi sensitif seperti detail kartu kredit.

Otoritas Sertifikat (CA) akan melakukan beberapa pemeriksaan pada organisasi selain memeriksa hak pemohon untuk menggunakan nama domain sebelum menerbitkan sertifikat ini. Informasi yang diperiksa dapat ditampilkan ketika pengguna mengklik gembok SSL di browser.

3. Sertifikat Extended Validation (EV)

EV SSL adalah sertifikat SSL yang paling kuat. Itu dapat menangani informasi sensitif apa pun. Ini sangat ideal untuk bisnis yang memerlukan detail kartu kredit untuk transaksi keuangan di situs web mereka.

Otoritas Sertifikat (CA) melakukan pemeriksaan yang sangat menyeluruh sebelum menerbitkan sertifikat. Ini adalah sertifikat yang paling sulit didapat.

Proses tersebut mencakup verifikasi keberadaan hukum, fisik, dan operasional entitas.

Fungsi SSL

Ada banyak keuntungan menggunakan sertifikat SSL diantaranya:

1. Perlindungan data

Ini merupakan manfaat terpenting dan yang paling luar biasa dari penggunaan SSL. Setiap kali seseorang mengunjungi situs web kamu, data ditransfer. Data berjalan dari server web ke browser web dan sebaliknya.

Jika data ini tidak diamankan, tentunya dapat dieksploitasi sebelum mencapai tujuan. SSL membantu mengamankan data agar tidak dapat dieksploitasi. Bayangkan saja informasi sensitif seperti password dan detail kartu kredit dicuri. Dan SSL mencegah hal ini terjadi.

2. Meningkatkan ranking di search engine

Hanya menggunakan HTTPS dapat meningkatkan ranking di search engine dan tentunya dapat meningkatkan lalu lintas organik. Kenapa gitu? Nah, Google, yang sejauh ini merupakan mesin pencari terbesar, telah lama mengumumkan bahwa penggunaan SSL adalah faktor peringkat (ranking).

Artinya, ketika me-ranking suatu website dalam hasil pencarian, salah satu faktor yang menentukan posisi suatu website adalah SSL. Selain itu jika web kamu tidak menggunakan SSL maka chrome akan membuat web kamu tidak terbuka (peringatan tidak aman).

3. Mendapatkan kepercayaan pengguna dan pelanggan

Umumnya, pengguna web peduli dengan privasi mereka. Memiliki tanda gembok di browser merupakan tanda bagi pengguna bahwa kamu menjaga privasi mereka dengan serius.

Itu dapat meningkatkan kepercayaan pengguna untuk kamu. Banyak pengguna web, ketika mengunjungi situs web untuk pertama kalinya, mencari tanda gembok itu untuk memastikan keamanan mereka di situs web tersebut.

Baca juga:  Cara Menghapus Atribut Lebar dan Tinggi Gambar yang diupload Pada WordPress

Saat kamu meminta informasi apapun kepada pengguna, SSL memberi mereka kepercayaan diri untuk memberi kamu informasi tersebut.

4. Membantu memenuhi PCI / DSS sehingga kamu dapat menerima pembayaran secara online

Untuk menerima pembayaran online melalui kartu debit dan kredit, standarnya adalah kamu harus memenuhi PCI. Dan untuk dianggap sebagai kepatuhan PCI, salah satu persyaratan terpenting adalah memiliki sertifikat SSL.

Cara mendapatkan dan menginstal SSL

Nah, setelah mengetahui apa itu SSL, jenis dan manfaatnya sekarang kamu bisa ikuti langkah-langkah ini untuk mendapatkan dan menginstal sertifikat SSL:

1. Pilih jenis sertifikat SSL yang sesuai

Langkah pertama adalah memilih jenis sertifikat SSL yang sesuai dengan keperluan kamu. Jenis SSL yang kamu butuhkan mungkin menentukan penyedia yang mungkin kamu butuhkan. Karena tidak semua penyedia SSL menyediakan semua jenis sertifikat SSL.

Bagi kebanyakan orang, Domain Validated (DV SSL) sudah cukup. Untuk beberapa orang lain yang mungkin membutuhkan data yang lebih sensitif, OV SSL atau EV SSL akan dilakukan.

2. Perbarui data WHOIS kamu

Kamu harus memperbarui data WHOIS kamu agar cocok dengan informasi persis yang kamu kirimkan ke Penerbit Sertifikat. Ini sangat penting jika kamu mencari sertifikat berjenis OV SSL atau EV SSL.

3. Menghasilkan Permintaan Penandatanganan Sertifikat (CSR)

Kamu harus membuat Permintaan Penandatanganan Sertifikat (CSR) di server kamu. Proses pembuatannya tergantung pada host web dan panel server kamu.

Solusi terbaik jika kamu tidak tahu cara melakukannya adalah meminta host web kamu untuk membuatkan ini untuk kamu.

4. Kirimkan CSR ke penerbit sertifikat

Setelah kamu membuat CSR, kirimkan ke pengguna sertifikat. Mereka akan menggunakan ini untuk memvalidasi domain kamu dan menyiapkan sertifikat SSL kamu.

5. Instal sertifikat SSL

Setelah validasi, tentunya kamu akan diberikan sertifikat SSL. Kamu harus menginstal ini. Prosesnya mungkin ditunda oleh host web dan panel server.

Solusi terbaik adalah meminta host web kamu untuk membantu kamu memasang sertifikat SSL.

Daftar 5 Penyedia SSL Gratis

1. Cloudflare

cloudflare

Cloudflare adalah salah satu penyedia CDN dan keamanan web terbesar di dunia. Sebagai bagian dari penyediaan keamanan, mereka menawarkan solusi SSL gratis. Banyak situs web populer mengandalkan Cloudflare untuk keamanan dan kecepatan.

Untuk menggunakan SSL gratis Cloudflare, masuk ke akun Cloudflare Anda atau buat akun. Pilih situs web yang ingin Anda aktifkan SSL. Kemudian klik pada tab SSL. Pilih berapa banyak cakupan SSL yang Anda inginkan (opsi terbaik penuh). Kemudian bersihkan cache.

Baca juga:  Cara Membatasi Jumlah Kata di WordPress dengan Word Count

2. FreeSSL.org

FreeSSL.org 1 768x189 1

FreeSSL.org menawarkan sertifikat SSL gratis selamanya menggunakan Let’s encrypt dan Buypass. Dengan Let’s Encrypt berlaku selama 3 bulan, sedangkan dengan buypass berlaku 6 bulan. Semua sertifikat dapat diperpanjang secara otomatis dan menyediakan layanan pengingat kadaluarsa sertifikat.

3. Let’s Encrypt

Lets Encrypt

Let’s Encrypt adalah Otoritas Sertifikat nirlaba yang menyediakan SSL gratis. Sejauh ini, ini adalah penyedia SSL gratis yang paling populer. Mereka telah memberikan sertifikat SSL gratis ke lebih dari 225 juta situs web. Sertifikat yang diberikan oleh Let’s Encrypt selamanya gratis.

Proyek Let’s Encrypt didanai oleh perusahaan teknologi termasuk Mozilla, Cisco, Facebook, Akamai dan lainnya. Sertifikat yang mereka berikan berlaku selama 90 hari. Tapi bisa otomatis diperpanjang seumur hidup.

4. SSL For Free

SSL For Free

SSL For Free menawarkan sertifikat SSL gratis selamanya. Mereka juga adalah lembaga non profit yang menggunakan server ACME dengan menggunakan validasi domain untuk memberikan sertifikasi. Private Keys dibuat di browser dan tidak pernah dikirim.

5. ZeroSSL

ZeroSSL free SSL

ZeroSSL menawarkan SSL gratis seumur hidup. Meskipun mereka juga memiliki paket berbayar untuk orang-orang yang memiliki kebutuhan SSL lebih tinggi, mereka memiliki paket SSL seumur hidup gratis yang akan cukup bagi kebanyakan orang.

Kamu tidak perlu membayar apa-apa. Prosesnya cepat dan mudah, SSL kamu akan siap dalam waktu kurang dari 5 menit. Sertifikat ini mirip dengan Let’s encrypt; ini berlaku selama 90 hari tetapi dapat diperpanjang secara otomatis seumur hidup.

Kesimpulan

Cara terbaik untuk mendapatkan SSL gratis adalah dengan menggunakan penyedia web hosting yang menyediakan SSL gratis. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir tentang masalah semua teknis dan pembaruan.

Untuk situs web besar, mimin bisa merekomendasikan di DEWABIZ, hosting mereka super cepat dan mereka menawarkan sertifikat SSL gratis.

Atau jika kamu memiliki situs web kecil dan kamu pemula, Niagahoster bisa jadi alternatif yang baik. Selain murah, di paket hosting mereka menawarkan sertifikat SSL gratis loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *