Cara Mengganti Panjang Kutipan Excerpt Kategori Pada WordPress

Cara Mengganti Panjang Kutipan (Excerpt) Kategori Pada WordPress

Posted on

Apakah kamu pernah bertanya-tanya bagaimana kamu bisa menggantipanjang kutipan (Excerpt) berdasarkan kategori posting itu. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana menggantipanjang kutipan (Excerpt) untuk berbagai kategori pada WordPress.

Namun buat kalian yang belum tahu apa itu Excerpt, yuk simak dulu artinya yang dikutip dari Niagahoster.

Apa itu Excerpt?

Excerpt adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti cuplikan atau ringkasan. Fungsi excerpt yaitu memberikan sedikit bocoran soal isi sebuah konten. 

Dengan adanya excerpt, audiens pada web kamu tak perlu mengklik atau membuka konten secara utuh untuk tahu isinya. Sebagai gantinya, mereka hanya perlu membaca beberapa kalimat excerpt. 

Trus adanya excerpt pada konten web kamu akan membantu audiens memutuskan konten mana yang ingin ia nikmati. Hal ini juga meningkatkan kemungkinan naiknya page view. Disisi lain, kamu juga bisa mengurangi persentase bounce rate dalam web.

Baca juga:  Cara Menentukan Hak Istimewa (Privilege) Database MySQL WordPress

Nah, Kutipan postingan (Excerpt) pada WordPress ini memiliki panjang default 55 kata tetapi terkadang kamu ingin mengganti batas ini untuk postingan kategori tertentu tanpa mempengaruhi semua postingan dari kategori lain.

Misalnya jika kamu memiliki situs berita dan ingin menampilkan postingan berita dari kategori ‘Breaking News’ dengan kata-kata yang lebih sedikit dalam kutipan tetapi tetap ingin semua berita kategori lainnya memiliki kutipan normal.

Jadi berikut ini adalah potongan kode untuk melakukan hal itu.

// mengganti kutipan untuk kategori yang berbeda
function dh_excerpt_length_category( $length ) {
    if ( in_category( 'Breaking News' ) ) {
        return 20;
    } else {
        return 60;
    }
}
add_filter( 'excerpt_length', 'dh_excerpt_length_category' );

Cukup tempel cuplikan kode tersebut ke dalam file functions.php theme kamu. Tapi jangan lupa untuk mengganti nama kategori ‘Breaking News’ dengan milik kamu pada cuplikan kode diatas.

Baca juga:  Cara Menambahkan Pemberitahuan Cookie di WordPress tanpa plugin

Juga perlu disebutkan bahwa dalam cuplikan berikut kamu tidak terbatas hanya menentukan nama kategori dalam tag template in_category tetapi kamu juga dapat menentukan ID kategori (integer), nama atau siput (string), atau array dari ini. Misalnya daripada in_category (‘Breaking News’), kamu bisa menggunakan in_category (10) atau in_category (‘breaking-news’).

Berikut adalah contoh yang lebih rinci tentang cara mengganti panjang kutipan (Excerpt) untuk berbagai kategori.

Dalam potongan kode dibawah ini kami mendefinisikan panjang kutipan 20 kata untuk kategori ‘Breaking News’, 40 kata untuk kategori ‘Politik’, ‘Teknologi’, ‘Olahraga’ dan menyimpan 60 kata sebagai panjang kutipan default.

// mengubah kutipan panjang untuk kategori yang berbeda
function dh_excerpt_length_category( $length ) {
    if ( in_category( 'Breaking News' ) ) {
        return 20;
    } elseif ( in_category( array( 'Politik', 'Teknologi', ‘Olahraga' ) ) ) {
        return 40;
    } else {
        return 60;
    }
}
add_filter( 'excerpt_length', 'dh_excerpt_length_category' );

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *