Mengapa Website WordPress Harus Menggunakan CDN

Mengapa WordPress Harus Menggunakan CDN?

Posted on

Dalam sebuah website, kecepatan dalam membuka sebuah loading situs merupakan faktor penting. Itulah mengapa banyak sekali yang bertanya bahkan mencari tutorial secara detail cara mempercepat blog WordPress. Tak hanya masalah server hosting dan optimasi web, CDN juga merupakan faktor penting sebagai penunjang untuk mengoptimasi.

Terkadang banyak pemula yang masih belum mengerti apa itu CDN dan kadang dalam sebuah forum banyak nya pertanyaan tentang, “Apakah saya masih perlu hosting jika saya mendapatkan CDN?”. Oleh karena itu mari kita simak pengertian CDN itu sendiri.

Apa itu CDN?

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network atau Jaringan Pengiriman Konten yang merupakan jaringan server yang mengirimkan konten statis yang disimpan dalam cache dari situs web ke pengguna berdasarkan lokasi geografis pengguna. Cukup membingungkan ya? Mari kita uraikan dengan kata-kata yang lebih sederhana.

Biasanya ketika pengguna datang ke blog WordPress kamu, mereka dialihkan ke server host web kamu yakni tempat kamu menyewa hosting. Dengan contoh: Server host web kamu terletak di lokasi pusat misalnya Singapura. Jadi setiap pengguna di situs web kamu mengakses server yang satu ini untuk melihat situs web kamu.

Baca juga:  Cara Membuat Lazy Load Adsense Pada Blog Wordpress

Sekarang jika kamu memiliki volume lalu lintas atau traffic yang tinggi, maka kamu dapat membebani server yang mungkin saja dapat menyebabkan situs menjadi lebih lambat atau bahkan server mengalami overload. Di sinilah CDN berguna karena ini adalah jaringan server, tetapi yang terpenting server ini tersebar di seluruh dunia.

Saat kamu menggunakan CDN, konten statis pada web akan di-cache dan disimpan di semua server ini. Konten statis termasuk gambar, stylesheet (file css), javascript, Flash, dll. Sekarang ketika pengguna mengunjungi situs kamu (server asli), teknologi CDN mengarahkan mereka ke server terdekat ke lokasi mereka.

Misalnya: Jika server utama kamu (Singapura) dan seseorang dari Australia mencoba mengaksesnya, maka mereka akan dialihkan ke server terdekat yang mungkin berada di Sydney. Ini dapat membantu membatasi limit yang diperlukan untuk mengirimkan file statis ke pengguna akhir.

Baca juga:  Cara Menambahkan Kode Custom di WordPress

Kedekatan pengguna dengan server web kamu berdampak pada waktu buka. Dengan menerapkan konten kamu di beberapa server yang tersebar secara geografis, kamu dapat membuat halaman web memuat lebih cepat dari sudut pandang pengguna. Itulah gunanya CDN. Dengan kata sederhana, semakin dekat server CDN ke tempat pengguna berada, semakin cepat pengguna mendapatkan konten blog WordPress kamu.

Ini Alasan Mengapa WordPress Harus Menggunakan CDN

Jika kamu membaca bagian di atas, maka kamu dapat melihat dengan jelas bahwa memiliki CDN dapat memberikan pengaruh yang besar pada situs web kamu. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan CDN:

1. Kecepatan

BunnyCDN1

Setelah mimin mulai menggunakan CDN, situs menjadi lebih cepat. Bunny.Net terbaik dalam hal ini. Adanya fitur disable cookies, browser webp dan banyak fitur lainnya dapat menjadi pilihan utama. Jika ingin mencobanya, kamu juga bisa menggunakannya selama 14 hari sebelum berlangganan.

2. Crash Resistance

Memiliki traffic yang cukup besar merupakan solusi terbaik menggunakan CDN agar terhindar dari overload server dan itu cukup membantu sekali. Pengaturan CDN dan cache yang tepat dapat membantu untuk meringankan kinerja server web kamu.

Baca juga:  5 Plugin SSL WordPress: Gratis dan Berbayar

3. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

BunnyCDN3

Ketika mulai menggunakan CDN, kamu bisa melihat peningkatan tampilan halaman dan jumlah halaman yang dilihat oleh setiap pengguna. Jadi jelas situs yang cepat berarti pengalaman pengguna yang lebih baik.

4. Peningkatan dalam SEO

Google dengan jelas menyatakan bahwa situs yang lebih cepat cenderung memiliki peringkat lebih tinggi di Mesin Pencari. Selain optimasi server dan blog WordPress kamu juga wajib menggunakan CDN sebagai optimasi ketiga.

Saat ini menggunakan Bunny.Net merupakan solusi terbaik dengan harga yang relatif lebih murah dengan kualitas terbaik dibanding beberapa CDN lainnya. Kamu juga bisa mendapatkan credit $5 ketika bergabung untuk menggunakan Bunny.Net, dengan menggunakan Kupon disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *