Cara Mengubah Simbol Pemisah Tag Judul di WordPress

  • Bagikan
Cara Mengubah Simbol Pemisah Tag Judul di WordPress

Judul tag HTML di WordPress atau di halaman web secara umum, mendefinisikan judul dokumen dan digunakan pada halaman hasil mesin pencari (SERP) agar menampilkan cuplikan pratinjau untuk halaman tersebut.

Nah, itulah mengapa pentingya Tag judul untuk SEO dan untuk berbagi link di media sosial. Mengapa Tag Judul Penting untuk SEO?

Tag judul adalah teks utama yang menjelaskan secara singkat konten pada halaman dan membantu mesin pencari untuk menentukan peringkat artikel ke dalam SERP. Itulah mengapa tag judul dianggap sebagai salah satu elemen SEO pada halaman terpenting.

title tag

Mengoptimalkan tag judul untuk situs WordPress kamu harus menjadi prioritas nomor 1 dan praktik terbaik termasuk menggunakan kata kunci yang tepat di awal judul halaman sebagai peringkat yang lebih tinggi di SERP.

Bersama dengan kata kunci, pemisah tag judul juga merupakan bagian penting dari sebuah judul halaman.

Meskipun belum pernah dikonfirmasi keuntungan signifikan yang nyata menggunakan salah satu dari yang lain atau dampak negatif pada SEO untuk menggunakan pemisah yang berbeda di tag judul halaman tetapi itu dapat menarik perhatian pengunjung.

Jadi pada artikel ini kita akan fokus pada bagaimana cara mengubah separator pada tag judul di WordPress.

Mengubah Simbol Pemisah Tag Judul

WordPress secara default menggunakan pipes “|” sebagai pemisah di tag judul tetapi kita dapat mengubahnya menjadi sesuatu pilihan kita dengan sangat mudah.

Dokumentasi resmi tentang kode untuk wp_title() menyarankan cara berikut untuk mengubah pemisah tag judul.

Di sini parameter pertama adalah pemisah untuk judul halaman dan kita dapat mengubahnya menjadi tanda hubung, koma atau apapun pilihan kita.

<title><?php wp_title( '|', true, 'right' ); ?></title>

Nah itu dia, selanjutnya cara terbaik untuk mengubah simbol pemisah tag judul di WordPress adalah dengan menggunakan wp_title filter tersebut untuk memodifikasi output fungsi judul WordPress. Kamu dapat memasukkan  cuplikan kode berikut ini di file functions.php tema WordPress kamu.

// ubah simbol pemisah tag judul di WordPress
function dh_change_wp_title_separator( $title, $sep ) {
    // Set new separator
    $sep = '-';
    // Set new title with separator
    $title = str_replace( '|', $sep, $title );
    return $title;
}
add_filter( 'wp_title', 'dh_change_wp_title_separator', 10, 2 );

Setelah menambahkan cuplikan kode di atas, ini akan mengubah simbol pemisah tag judul halaman default “|” (pipes) dengan “-” (tanda hubung).

Gimana mudah kan? Tanpa menggunakan plugin kamu bisa mengubah simbol pemisah tag judul tersebut atau kamu juga bisa mengubahnya dengan mengganti tanda lain seperti diatas.

  • Bagikan